Minggu, 02 Februari 2014

Manajemen pendakian gunung

Manajemen pendakian gunung

Manajemen berarti mengolah sebuah rencana yang akan diperlukan baik secara sistematik, logistik, dan administratif dalam pencapaian sebuah tujuan. Maka dari itu kita harus sangat teliti dalam memenejemen sesuatu, apalagi kalau kita melakukan pendakian gunung, seperti yang kita tahu bahwasannya pendakian gunung bukan merupakan sesuatu kegiatan yang sepele apalagi bagi pemula, karena mendaki harus memerlukan beberapa persiapan yang matang seperti versi persiapan muncak ane di bawah ini:

Ø  Persiapan administratif

        jikala kita hendak mendaki gunung, maka kita harus memperhatikan kocek yang kita harus keuarkan, harus  sesuai dengan jarak tempuh gunung yang kita tuju, semakin jauh gunung yang dituju semakin tebel kocek yang kita keluarkan,  apalagi kalau kita hendak mendaki gunung Jaya wijaya. Pastinya bisa kebayang berapa yang harus di keluarinnya. Selanjutnya yakni,

Ø  Persiapan logistik

         bicara tentang logistik, di puncak kita harus bisa menyeimbangkan tingkat gizi makanannya seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Jangan sampai kita memakan yang instan melulu, nanti perutnya demo. Pokoknya harus sangat banget diperhatiin karna ini sangat fatal, biasanya kalau saya muncak saya berbekal kaya ginian:
> air min. 3L             > gula merah                       > coklat
> beras                      > kopi
> sayur-sayuran      > teh
> sarden                    > roti
> mie                          > susu
> bumbu2 dapur     > telur                                   

Ø  Persiapan fisik

        persiapan fisik tidak kalah pentingnya dengan persiapan logistik. Usahakan jauh hari sebelum kita melakukan pendakian untuk melakukan pemanasan fisik, fungsinya agar tubuh kita sudah terbiasa dengan kegiatan yang memporsir energi. Kalau kita tidak melakukan persiapan fisik biasanya ketika kita mendaki akan terasa cepat capek terus gampang keramnya.

Ø  Persiapan tools kit dan medicine kit

        tools kit berfungsi untuk melancarkan kita dalam perjalanan menuju puncak gunung, serta melindungi tubuh kita dari beberapa pengaruh cuaca gunung, terutama terhindar dari yang namanya kedinginan adapun persiapan yang harus kita lengkapi yakni,
> tas carriel              > P3K                                     > obat pribadi
> jaket                       > kompas                              > pisau atau golok
> jas hujan                > korek
> sepatu gunung     > senter
> kupluk                    > misting (alat dapur )
> sarung tangan      > kompor lapang
> matras                    > sleeping bag

Mungkin itu sebagian kecil tips dari ane untuk melakukan tracking ke gunung dan ingat ketika di gunung hedaklah kita menghormati penghuni alam disana baik yang nampak mauapun yang gak nampak, jangan sampai mengusik dan kita yang menjadi korban.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar